Senin, 20 Juni 2011

kolesterol HDL

kadar kolesterol merupakan ukuran penting dalam menilai kesehatan jantung. kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol baik, semakin tinggi semakin baik. Meskipun dokter Anda mungkin telah memberitahu Anda untuk menurunkan kolesterol total Anda, penting untuk meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) kolesterol, yang dikenal sebagai kolesterol “baik”. Meningkatkan HDL kolesterol dan menurunkan LDL kolesterol merupakan cara bagus untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.
Jenis – jenis kolesterol
Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di semua sel – sel tubuh dan memiliki beberapa fungsi yang berguna, termasuk membantu membangun sel – sel tubuh Anda. Kolesterol dibawa ke sel melalui aliran darah dan diikat atau menempel pada protein. Protein ini disebut lipoprotein. Lipoprotein meliputi :
Low-density lipoprotein (LDL). Lipoprotein ini membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda, mengirimkan ke berbagai organ, jaringan hingga sel. Tetapi jika tubuh Anda memiliki kolesterol lebih dari yang dibutuhkan, maka kelebihan ini akan menempel pada dinding pembuluh darah yang disebut plak atau aterosklerosis. Efeknya pembuluh darah ini akan menjadi lebih sempit dan plak beresiko untuk lepas dari sumbernya dan menyumbat aliran darah. Plak inilah penyebab penyakit arteri koroner. Inilah sebabnya mengapa kolesterol LDL sering disebut sebagai kolesterol “jahat”.
High-density lipoprotein (HDL). lipoprotein ini sering disebut sebagai HDL, atau kolesterol “baik”. HDL kolesterol berfungsi membawa dan mengambil kelebihan kolesterol di dalam darah dan membawanya kembali ke hati (liver) untuk di daur ulang sesuai kebutuhan tubuh. Menurunkan kolesterol LDL saja tidak cukup untuk mengurangi resiko penyakit jantung, namun perlu diimbangi dengan upaya meningkatkan kolesterol HDL
Nilai normal kolesterol HDL
Kadar kolesterol diukur dalam miligram (mg) per desiliter (dL) darah, atau milimol (mmol) per liter (L).
beresiko diinginkan
pria Kurang dari 40 mg / dL 60 mg / dL atau di atas
wanita Kurang dari 50 mg / dL 60 mg / dL atau di atas
Jika kolesterol HDL anda berada dalam kisaran beresiko maka anda harus ditingkatkan hingga mencapai kisaran yang diinginkan yaitu minimal 60 mg/dL untuk mencegah resiko penyakit jantung dan stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar